Monday 18 May 2015

Mengenal Bahasa Pemrograman PHP

Sekilas tentang bahasa pemrograman PHP

Dalam postingan ini saya akan menjelaskan sekilas tentang PHP semoga postingan ini bermanfaat bagi anda yang ingin mulai belajar memahami script-script PHP yang nantinya akan anda gunakan dan digabung dengan halaman web lainnya.

Mengenal PHP

Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang berkerja dalam sebuah webserver. Disini saya tidak akan menjelaskan apa itu webserver mungkin pada postingan selanjutnya saya akan bahas apa itu webserver. 

Script-script PHP yang anda buat nantinya harus tersimpan dalam sebuah server dan dieksekusi atau diproses di dalam server tersebut. Dengan menggunakan PHP, sebuah website akan lebih interaktif dan dinamis.

Sebagai media penulisan script PHP, anda dapat menggunakan beberapa program diantaranya notepad++, sublime text, dreamweaver, atau PHP Expert Editor. Kalo saya suka menggunakan sublime sebagai text editornya karena ketika mulai mengenal PHP dikenalkan pake sublime text.

Memahami Script PHP

Ada tata cara yang harus dilakukan dalam penulisan code PHP dan juga code PHP tidak harus selalu berdiri sendiri namun dapat juga disisipkan diantara kode HTML. dan tata cara penulisan code PHP harus selalu diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?>. Perhatikan contoh penulisan code PHP

<?php
------Tempat penulisan code PHP -----
?>

sedangkan untuk menampilkannya dibrowser, digunakan fungsi echo"data";

<?php

echo "Saya sedang belajar PHP";

?>

jadi kesimpulannya semua code yang berada diantara (<?php) dan (?>) akan dieksekusi sebagai suatu script/code PHP. Jika anda ingin menambahkan komentar atau keterangan didalam script PHP komentara itu tidak akan dideklarasikan sebagai code PHP maka tidak akan di eksekusi. Ada bebrapa cara untuk memberi komentar atau keterangan didalam script PHP yaitu dengan cara :
  1. menambahkan tag /* dan diakhiri dengan tag */  apabila jumlah komentar lebih dari 1 baris.
  2. menambahkan tag //  diawal kalimat, ini digunakan ketika komentara hanya 1 baris.
  3. menambahkan tag # tag ini juga sama digunakan untuk 1 baris.
Juga harus diingat bahwa dalam penulisan code PHP harus selalu diakhiri dengan menuliskan tanda titik koma (;). Dan code PHP tidak harus berada dalam satu baris, Anda juga dapat menuliskan perintah script PHP lebih dari satu baris.. 

Dalam pengenalan dasar code PHP saya cukupkan dulu sampai sini. Jika anda masih belum puas, coba anda cari contoh script di internet untuk bahan pembelajaran..
Untuk postingan selanjutnya insya allah saya akan memaparkan tentang tipe data dan variable..... stay tune


Semoga bermanfaat :D

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komnetar :)
EmoticonEmoticon